Rabu, 23 Januari 2013

MENYELAM


MENANGKAP IKAN TRADISIONAL"MENYELAM"
Adalah Salah satu kearifan lokal yang dimiliki masyarakat lokal suku dayak kalimantan yaitu dikampung Mendang Dusun Mendang,Desa bukit segaloh Kec.kayan hilir Kab.sintang adalah menangkap ikan secara tradisional dengan menggunakan alat tradisional. Menangkap ikan menggunakan alat tradisional ini tidak akan menyebabkan potensi sumberdaya alam musna. Kerarifan tradisonal yang dimiliki masyarakat seperti ini lah, yang kiranya perlu kita pertahankan dan kita angkat serta kita dorong agar potensi sumberdaya alam yang ada tidak akan musnah. Namun seiring dengan kemajuan teknologi.Mengambil seperlunya dari alam untuk kebutuhan akan mampu menjaga kelangsungan dan keberlanjutan sumberdaya alam serta potensi-potensi yang ada dialamnya.

Gambar diatas adalh salah satu contoh yang tidak menimbulkan kepunahan Sumber Daya Alam didaerah kampung Mendang, Foto trsebut diambil oleh saya seendiri yang juga berasal dari kampung mendang bersama teman-teman saya,

Peralatan yang digunakan untuk menangkap ikan trsebu sangat-sangat sederhana dan mudah, yaitu:
1. sebatang balok kayu yang berukuran kecil
2. besi
3. getah karet/ban
4. rotan
5 .paku dan
6.kaca penyelam
Nah bahan-bahan tersebu diolah sedemikian rupa agar tidak membahayakan penguna, pembuatan alat ini sangatlah sipel dan mudah Namun juga perlu ketelitian dan keuletan, agar pada saat digunakan tidak trlalu menyusahkn dalam mengenai sasaran yaitu biasaNya pada ikan yang berukuran kecil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar